Tuesday 24 September 2013

MENGINSTAL WINDOWS


diposkan oleh : uciha yusuf rezpector


MENGINSTAL WINDOWS 98




A. Partisi Hardisk
Sebelum anda melakukan installasi windows, ada baiknya anda mempartisi hardisk. Mempartisi ini untuk membagi kapasitas hardisk menjadi beberapa drive. Sebuah hardisk yang berkapasitas 20 Gigabyte dapat dipartisi menjadi beberapa partisi. Misalnya partisi C, partisi D, partisi E. Partisi-partisi ini nantinya kalau sudah jadi akan beralih nama menjadi drive, yaitu drive C, drive D, dan drive E. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sembarangan mempartisi hardisk, karena apabila didalam hardisk tersebut ada filenya maka jika dipartisi data/file tersebut akan hilang.
Adapun langkah-langkah mempartisi hardisk adalah sebagai berikut (seluruh gambar dalam partisi hardisk telah di edit warnanya, teks seharusnya berwarna putih, background berwarna hitam, telah diganti teks berwarna hitam, background berwarna putih) :teruskan membacanya

Tampilan berikutnya :
a. Create Dos Partitions or Logical Dos Drive, maksudnya adalah membuat partisi pada hardisk anda. Pilihlah opsi pertama ini jika anda akan membuat partisi pada hardisk.
b. Set Active Partitions, membuat aktif partisi.
c. Delete Partitions or Logical Dos Drive, menghapus partisi yang ada pada hardisk anda.
d. Display Partitions Informations, memberi informasi berapa partisi yang ada pada hardisk anda dan informasi lain.
C. Installasi Windows 98.
Proses install windows 98 kurang lebih memakan waktu 60 menit. Akan tetapi jika driver seperti soundcard, vgacard, lancard, dan lain lain belum terdeteksi oleh win98 ini, maka masih memerlukan waktu lagi sesuai jumlah card yang belum terinstall drivernya. Adapun langkah-langkah install windows98 adalah sebagai berikut.
1. Pastikan anda berada di A:\
2. Masukkan CD master windows 98 ke CD Room.
3. Ubahlah root direktori A:\> menjadi E:\> dengan mengetik E: enter.
4. Masuklah dalam direktory master win98.
5. Ketikan Setup lalu tekan Enter.
MENGINSTAL  WINDOWS 2007




 Microsoft Office adalah sebuah paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft yang mempunyai beberapa fungsi, diantaranya Microsoft Word (Pengolah Data), Microsoft Excel (Pengolah Angka), Microsoft Power Point (Presentasi), Microsoft Acces (Databases), dll. Perkembangan Microsoft Office ini sangat cepat perkembangannya, mulai dari Ms Office 95, Ms Office 97, Ms Office 2000, Ms Office 2003, Ms Office 2007, dan Ms Office 2010. Berikut ini adalah cara Menginstal Microsoft Office 2007 :
1. Masukkanlah CD Master Microsoft Office 2007 pada CD/DVD ROM
2. Kemudian masuklah ke Explorer (Ctrl-E) dan Kliklah Icon CD/DVD ROM, setelah itu klik icon setup.
3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
4. Kemudian Installer akan meminta Anda mengisikan Product Key, isilah Product Key seperti yang terdapat pada CD Master Ms Office 2007 Anda.
5. Selanjutnya Anda akan memilih Paket Installasi pada Ms Office 2007 yang akan di Install. Pilih Install Now (Menginstal semua paket aplikasi Ms Office 2007) atau Custumize (Memilih salah satu dari paket aplikasi pada Ms Office 2007).
6. Kemudian Proses Installasi di mulai. Tunggulah beberapa menit untuk proses installasi ini.
7. Proses Installasi selesai.
8. Klik Close untuk menyelesaikan proses installasi.

MENGINSTAL WINDOWS 7



 Cara Install Windows 7 (Seven) - Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak di minati dan digunakan di Indonesia, selain memiliki fitur-fitur yang kumplit Windows juga memberikan kemudahan dalam mengakses setiap fitur yang terdapat di dalamnya. Kebanyakan penjual gadget (PC atau laptop) sudah menyertakan sistem operasi Windows yang telah terinstall pada produk mereka di pasaran, sehingga kita tidak perlu pusing lagi memikirkan cara menginstall sistem operasi pada gadget kita. Tetapi, bagaimana jika PC atau laptop yang kita beli belum terpasang sistem operasi? Ingin mencoba menginstallnya sendiri? Berikut akan saya bahas tahap demi tahap cara install sistem operasi windows (dalam tutorial ini saya menggunakan WIndows 7 Ultimate SP1), hal pertama yang harus dipersiapkan adalah DVD Windows 7, mari kita mulai.
Langkah 1
Atur bios pada PC/laptop agar booting pertama menjadi ke DVD. Untuk melakukan pengaturan pada bios biasanya ketika PC menyala terdapat keterangan key/tombol mana yang harus ditekan untuk bisa masuk ke menu bios, misal tombol F2 atau tombol Del. Ketikan berada di dalam menu bios, cari pengaturan booting dan ubah booting pertamanya ke perangkat DVD. Kemudian masukan DVD Windows 7 dan restart. Ketika PC kembali menyala akan tampil perintah "Press any key to boot from CD or DVD... " segera klik pada sembarang tombol keyboard dan PC pun mulai mempersiapkan file yang dibutuhkan untuk melakukan installasi seperti gambar di bawah.
Langkah 2
Setelah semua file siap, akan tampil "Starting Windows" dilanjutkan pengaturan bahasa, format waktu dan input keyboard. Atur seperti gambar di bawah kemudian klik tombol next.
Langkah 3
Kemudian tampilan akan terlihat seperti gambar di bawah ini, klik pada pilihan "Install now" maka pengaturan pun dimulai. Jangan lupa mencentang pilihan "I accept the license terms" ketika jendela lisensi ditampilkan, klik tombol next.
Langkah 4
Apabila langkah ke 3 selesai selanjutnya kita masuk ke tahap berikutnya, yaitu pilihan apakah kita akan mengupgrade sistem operasi atau melakukan install ulang pada PC kita. Pilih pilihan kedua "Custom (advanced)".
Langkah 5
Langkah ke 5 adalah tahap pembagian partisi pada hardisk kita. Klik pada "Drive options (advanced)" untuk memulai melakukan partisi pada hardisk.
Masukkan besarnya kapasitas penyimpanan pada partisi yang akan kita buat. Pada tutorial ini saya akan membagi hardisk 80Gb menjadi 2 partisi dan mengisi angka 40000 yang artinya 40Gb untuk partisi pertama yang akan kita buat. Jangan lupa klik Apply.
Lakukan hal yang sama (Langkah 5) pada sisa hardisk yang belum terpakai, sehingga akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Langkah 6
Setelah tombol next di klik (Langkah 5) maka installasi pun dimulai, sistem akan mengcopy dan melakukan installasi pada file-file yang terdapat pada DVD WIndows 7. Jika telah selesai sistem akan secara otomatis melakukan restart.




hormat saya


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About Me

My fanspage