Monday, 10 November 2014

Soal Dan Jawaban UTS Logika Dan Algoritma Semester 1

SOAL-SOAL LATIHAN

1.     
Dalam menyusun suatu program, langkah pertama    yang harus dilakukan adalah :
a.Membuat program                b. Membuat Algoritma                    
c. Membeli komputer             d. Proses


2.     
Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti    untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut :
            a. Proses                      b. Program      
            c. Algoritma               d. Prosesor

3.     
Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma         dapat berupa :
            a. Bahasa Inggris
            b. Bahasa Puitis
            c. Bahasa pemrograman
            d. Sembarang bahasa asal terstruktur





4.     
Pada saat pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
            a. Sebelum pembuatan program
            b. Pada saat program dibuat
            c. Sesudah pembuatan program
            d. Pada saat verifikasi program


5.     
Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program –    Eksekusi – Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program –       Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d. Masalah – Model –  Algoritma – Program – Eksekusi– Hasil




6.     
Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng.  Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan dikatakan BUKAN Kantong P yang terbawa, maka jumlah kelereng           yang terbawa adalah :
            a.10                                         b. 15
            c.10 atau 15                            d. 10 dan 15



7.     
Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau.  Apabila warna hijau maka jadi putih, selain     warna merah    dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah             hitam, maka warna jadi  :
            a. Merah                                              b. Ungu
            c. Hijau                                                d. Putih   

      
8.     
Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P = nilai Q, dan                  nilai Q menjadi :
                        a. Menjadi Sembarang Nilai
                        b.  Menjadi hampa     
                        c.  Q tetap      
                        d.  Menjadi 0



9.     
Apabila a=5, b = 10, maka jika diberikan instruksi a=b;                     b=a  akan mengakibatkan :
                        a. a=0 , b=5                             b. a=10, b=5
                        c. a=10 , b=0                           d. a=10, b=10
10.   
Diberikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P.   Nilai P dan Q      masing-masing adalah:
                        a.  15 dan 0                             b. 0 dan 15
                        c. 15 dan 15                            d. 10 dan 15

11.   
Type data yang hanya mengenal kondisi True atau False       pada Pascal programming , adalah :
            a. IF                             b. Bool
            c. Integer                                 d. Character


12.   
Dalam bahasa Pascal terdapat suatu tipe data yang   nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal, yaitu :
            a. Real                         b. Bool
            c. Integer                     d. Character

13.   
Program Pascal dirancang pertama kali oleh :
            a. Al Khawarizmi                                b.Blaise Pascal
            c. Prof. Niklaus Wirth                      d. Borland


14.   
Fungi standard yang digunakan untuk mengetahui nilai        pendahulu dari suatu variabel disebut
            a. ORD                                                b. SUCC
            c. PRED                                             d. DIV



15.   
Pada Tipe data Boolean, berlaku operator-operator :
            a. IF                             b. AND, OR, NOT
            c. True, False               d. CASE


16.   
Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan akhir suatu proses adalah….
            a. Terminal                            b. Preparation
            c.  Decision                             d.  Input


17.   
Apabila terjadi dua kondisi (benar atau salah), pada pembuatan flowchart menggunakan simbol….
            a.                                             b.









18.   
Simbol Flowcahart yang digunakan untuk penghubung        dalam satu halaman yang sama adalah …...








19.   
Urutan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang            menggunakan bahasa awam disebut :
            a.  Algoritma               b. Flowchart
            c.  Pseudocode                       d. Program


20.   
Simbol Flowchart yang dapat digunakan untuk         mencetak keluaran adalah….








21.   
Struktur pernyataan yang BUKAN berupa perulangan          (looping) adalah :
            a. For …. End             b. While Do    
            c. Repeat Until                        d. Case_and(x)

22.   
Suatu proses pengulangan kembali alur kerja disebut…
            a.  Branching                           b.  Looping 
            c.  Rekursif                              d.  Iteratif


23.   
Diberikan penggalan algoritma :    while (x>7) do
                                                         x=x-1;
                                                         write(x)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang           ditampilkan berturut-turut adalah
            a. 9, 8, 7          b. 9, 8              c. 9                  d. 8, 7



24.   
Diberikan penggalan algoritma :         repeat
                                                            write (x) ; x=x-1
                                                            until  x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang           ditampilkan berturut-turut adalah
            a. 9, 8, 7          b. 9, 8              c. 9                  d. 8, 7


25.   
Diberikan penggalan algoritma :         repeat
                                                            x=x+1 ; write (x)
                                                            until  x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang           ditampilkan berturut-turut adalah
            a. 9, 8, 7          b. 9, 8              c. 9                  d. 8, 7

26.   
Konsep Menara Hanoi merupakan salah satu dari    contoh proses :
            a. Iteratif                                b. Transitif                                       
            c. Rekursif                               d. Branshing


27.   
Suatu Proses yang memanggil dirinya sendiri , disebut          proses :
            a. Iteratif                                 b. Transitif      
            c. Rekursif                             d. Branching


28.   
Rekursif adalah :
            a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil
            b. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
            c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
            d. Suatu prosedur Looping              

                                                 

29.   
Pada Menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk  N          buah piringan  ke menara tujuannya adalah :
            a. 2n +1                                   b. 2n -1
            c. 2n+1                                    d. 2n-1


30.   
Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan            banyaknya piringan ialah 6 buah , maka diperlukan        pemindahan sebanyak :
            a. 19 kali                                  b. 63 kali
            c. 31 kali                                  d. 32 kali



Kunci Jawaban
  1. B
  2. C
  3. D
  4. A
  5. D
  6. C
  7. B
  8. C
  9. D
  10. C
  11. B
  12. B
  13. C
  14. C
  15. B
  16. A
  17. D
  18. A
  19. C (referensi lain ini adalah model pseudocode)
  20. C  (bisa juga B)
  21. D case untuk percabangan sama dengan IF
  22. B
  23. D. COBA DIPIKIRKAN YA CARANYA
  24. A
  25. jawaban tidak ada. Coba cari  berapa jawabannya …….
  26. A
  27. C
  28. B
  29. B
  30. B




17 comments:

  1. Soalnya pas sekali bagi orang-orang yang masih awam algoritma
    Terima Kasih !

    ReplyDelete
  2. iya sama"

    semoga bermanfaat :D

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih infonya kak.
    Numpang ninggalin jejak Cahayamoving.com
    Solusi untuk jasa pindahan rumah terbaik

    ReplyDelete
  4. Mau tanya no.1 jawabannya membuat algoritma , apa itu sudah dijamin benar.Harusnya jawabannya membuat masalah.Tolong pencerahannya.masih bingung soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab yah. Kita buat program pasti karena sudah ada masalah sebelumnya kan, makanya dibuatlah program untuk membantu menyelesaikan si masalahnya. Jawabannya sudah betul membuat algoritma, kan algoritma itu isinya adalah langkah-langkah dari proses penyelesaian suatu masalah.

      Delete
  5. Sangat membantu saya yang masih awam.
    Tolong buat lagi yang aga sulit tapi mudah di mengerti soalnya

    ReplyDelete
  6. jawabannya tidak ada, cari sendiri ya hahaha

    ReplyDelete
  7. mau nanya sumber soal bisa di pertangung jawabkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya alumni nya
      Itu soal real

      Bila pihak kampus merubah soalnya
      Itu di luar pertanggungjawaban saya

      Delete
  8. Nice ! This post is really informative Thank you for sharing the valuable information sharing

    Abu Dhabi Carpet
    Carpet Tiles

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

About Me

My fanspage