SOAL-SOAL LATIHAN
1.
|
Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah :
a.Membuat program b. Membuat Algoritma
c. Membeli komputer
d. Proses
|
2.
|
Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut
:
a. Proses b. Program
c. Algoritma d. Prosesor
|
3.
|
Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma dapat berupa :
a. Bahasa
Inggris
b. Bahasa
Puitis
c. Bahasa
pemrograman
d. Sembarang bahasa asal terstruktur
|
4.
|
Pada saat pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
a. Sebelum pembuatan program
b. Pada
saat program dibuat
c.
Sesudah pembuatan program
d. Pada
saat verifikasi program
|
5.
|
Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi
– Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d. Masalah – Model
– Algoritma – Program – Eksekusi–
Hasil
|
6.
|
Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q berisi 10 buah
kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng.
Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan dikatakan BUKAN Kantong
P yang terbawa, maka jumlah kelereng yang
terbawa adalah :
a.10 b. 15
c.10 atau 15 d. 10 dan 15
|
7.
|
Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi
hijau. Apabila warna hijau maka jadi
putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi
input warna adalah hitam,
maka warna jadi :
a. Merah b. Ungu
c. Hijau d.
Putih
|
8.
|
Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P = nilai Q, dan nilai Q menjadi :
a.
Menjadi Sembarang Nilai
b. Menjadi hampa
c.
Q tetap
d. Menjadi 0
|
9.
|
Apabila a=5, b = 10, maka jika diberikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :
a.
a=0 , b=5 b.
a=10, b=5
c.
a=10 , b=0 d. a=10, b=10
|
10.
|
Diberikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah:
a. 15 dan 0 b.
0 dan 15
c. 15 dan 15 d.
10 dan 15
|
11.
|
Type data yang hanya mengenal kondisi True atau False pada Pascal programming , adalah :
a. IF b. Bool
c.
Integer d.
Character
|
12.
|
Dalam bahasa Pascal terdapat suatu tipe data yang nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal,
yaitu :
a. Real b. Bool
c.
Integer d. Character
|
13.
|
Program Pascal dirancang pertama kali oleh :
a. Al
Khawarizmi b.Blaise
Pascal
c. Prof. Niklaus Wirth d.
Borland
|
14.
|
Fungi standard yang digunakan untuk mengetahui nilai pendahulu dari suatu variabel disebut
a. ORD b.
SUCC
c. PRED d. DIV
|
15.
|
Pada Tipe data Boolean, berlaku operator-operator :
a. IF b. AND, OR, NOT
c. True,
False d. CASE
|
16.
|
Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan akhir suatu proses adalah….
a. Terminal b.
Preparation
c. Decision d. Input
|
17.
|
Apabila terjadi dua kondisi (benar atau salah), pada pembuatan flowchart menggunakan simbol….
a. b.
|
18.
|
Simbol Flowcahart yang digunakan untuk penghubung dalam satu halaman yang sama adalah
…...
|
19.
|
Urutan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang menggunakan bahasa awam disebut :
a. Algoritma b. Flowchart
c.
Pseudocode d. Program
|
20.
|
Simbol Flowchart yang dapat digunakan untuk mencetak keluaran adalah….
|
21.
|
Struktur pernyataan yang BUKAN berupa perulangan (looping) adalah :
a. For ….
End b. While Do
c. Repeat
Until d. Case_and(x)
|
22.
|
Suatu proses pengulangan kembali alur kerja disebut…
a. Branching b.
Looping
c. Rekursif d. Iteratif
|
23.
|
Diberikan penggalan algoritma : while (x>7) do
x=x-1;
write(x)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8,
7 b. 9, 8 c. 9 d. 8, 7
|
24.
|
Diberikan penggalan algoritma : repeat
write
(x) ; x=x-1
until
x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7 b. 9, 8 c.
9 d. 8, 7
|
25.
|
Diberikan penggalan algoritma : repeat
x=x+1
; write (x)
until
x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8,
7 b. 9, 8 c. 9 d. 8, 7
|
26.
|
Konsep Menara Hanoi merupakan salah satu dari
contoh proses :
a. Iteratif b. Transitif
c.
Rekursif d.
Branshing
|
27.
|
Suatu Proses yang memanggil dirinya sendiri , disebut proses :
a.
Iteratif b.
Transitif
c. Rekursif d. Branching
|
28.
|
Rekursif adalah :
a. Suatu
prosedur yang dapat dipanggil
b. Suatu proses yang bisa memanggil
dirinya sendiri
c. Suatu
proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d. Suatu
prosedur Looping
|
29.
|
Pada Menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk N buah
piringan ke menara tujuannya adalah :
a. 2n +1 b. 2n -1
c. 2n+1 d. 2n-1
|
30.
|
Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan banyaknya piringan ialah 6 buah ,
maka diperlukan pemindahan
sebanyak :
a. 19
kali b. 63 kali
c. 31
kali d.
32 kali
|
Kunci Jawaban
- B
- C
- D
- A
- D
- C
- B
- C
- D
- C
- B
- B
- C
- C
- B
- A
- D
- A
- C (referensi lain ini adalah model pseudocode)
- C (bisa juga B)
- D case untuk percabangan sama dengan IF
- B
- D. COBA DIPIKIRKAN YA CARANYA
- A
- jawaban tidak ada. Coba cari berapa jawabannya …….
- A
- C
- B
- B
- B
Soalnya pas sekali bagi orang-orang yang masih awam algoritma
ReplyDeleteTerima Kasih !
iya sama"
ReplyDeletesemoga bermanfaat :D
Terima kasih infonya
ReplyDeleteMy blog
Terima Kasih infonya kak.
ReplyDeleteNumpang ninggalin jejak Cahayamoving.com
Solusi untuk jasa pindahan rumah terbaik
Mau tanya no.1 jawabannya membuat algoritma , apa itu sudah dijamin benar.Harusnya jawabannya membuat masalah.Tolong pencerahannya.masih bingung soalnya.
ReplyDeleteBantu jawab yah. Kita buat program pasti karena sudah ada masalah sebelumnya kan, makanya dibuatlah program untuk membantu menyelesaikan si masalahnya. Jawabannya sudah betul membuat algoritma, kan algoritma itu isinya adalah langkah-langkah dari proses penyelesaian suatu masalah.
DeleteSangat membantu saya yang masih awam.
ReplyDeleteTolong buat lagi yang aga sulit tapi mudah di mengerti soalnya
jawabannya tidak ada, cari sendiri ya hahaha
ReplyDeleteMENARA HANOI PUNYA REVOLVER
ReplyDeletemau nanya sumber soal bisa di pertangung jawabkan
ReplyDeleteSaya alumni nya
DeleteItu soal real
Bila pihak kampus merubah soalnya
Itu di luar pertanggungjawaban saya
Bsk saya uts gaes
ReplyDeletesama meng
DeleteThanks For Sharing
ReplyDeleteCarpet Flooring
Carpet Flooring Abu Dhabi
Nice ! This post is really informative Thank you for sharing the valuable information sharing
ReplyDeleteAbu Dhabi Carpet
Carpet Tiles
makasih dijadikan referensi
ReplyDeleteIya sama sama
DeleteSemoga bermanfaat
yang 50 soal nggak ada ya kak
ReplyDelete